Monday, August 06, 2007

Edwien VanDerSar, Louis Hamilton, dan Roy Suryo

Edwien Van Der Sar (MANU) berhasil memblok ketiga eksekutor pertama Chelsea dalam teater adu pinalti Tropy Community shield di New Wembley London, dan sebelumnya Luis Hamilton mampu memuncaki podiom Hungaroring Budapest Hongaria dalam seri ke 11 gelaran FIA Formula 1 world series, tetapi sebelumnya ROy Suryo mengklaim telah menemukan versi pertama lagu Indonesia Raya di server perpustakaan Belanda, kabar terakhir ini yang bikin aku sajak tertarik, walaupun senyum lebar Antony Hamilton melihat putranya mengangkat tropy juwara seri GP Hongaria cukup menggugah sisi humanisku, tetapi tetap ajah kumis Roy yang aduhai lebih mencuri perhatianku deh.


Ketiga nama diatas sama-sama sedang "dipuncak", dan dibicarakan dimana mana, tapi cuma Roy yang paling hot, gimana tidak dia mengklaim temuan nya itu adalah aseli dari server perpustakaan Belanda yang notabene adalah teks asli lagu Indonesia raya yang ternyata memiliki 3 stanza, ini berarti akan jadi polemik sejarah baru, tetapi yang lebih menjadi rame-rame adalah ternyata temuan si Roy tidak baru-baru banget, soale sebelumnya sudah banyak yang "nemu" dokumen ini, dan disinyalir si Roy hanya nebeng nama di yayasan Air Putih, serta usut punya usut dokumen "temuan" Roy ternyata tidak dari server Belanda melainkan dari YouTube, ini salah satu bukti bahwa YouTube adalah media yang Mak Nyuss di abad ini.
Sejuta omelan orang terutama penggiat dunia maya dan blogger pun ditujukan ke Pria yang pernah jadi dosen D3 Fak Ekonomi UGM ini, tetapi bukan si Roy kalau gak bisa berdalih, dia bilang kenapa selama ini dak ada yang coba laporkan ke pemerintah, "Kemana aje lu?", kaya pahlawan kesiangan. Disini terlihat kefasihan seorang pelawak telematika senior itu dalam bertahan, tapi betewe busway yang dilakukan Roy memang rada "katrok" kenapa karena :
  1. Temuan Roy bukan hal yang baru baru banget karna sebelumnya sudah banyak yang menguploadnya melalui media YouTube dan Multiply serta blog.
  2. Cara Roy yang sangat vokal dalam menyerukan temuannya ke media cetak elektronik kadang berlebihan, sampe ngalahin vokalisnya Serieus.
  3. Roy gak kompak dengan "Air putih" karena mungkin dia lebih senang air teh manis.

Tetapi upaya yang dilakukan Roy adalah tidak serendah kelihatannya, yang dia lakukan tidak hanya sekedar mendownload/mencopy file dokumen itu, lantas berkoar-koar dan mengklaim temuannya sebagai sesuatu yang sangat besar bagi bangsa.
  1. Mengenai hal dokumen bersangkutan bukan barang baru, setahuku bukan masalah siapa yang menemukan pertama kali tetapi siapa yang melakukan riset pembuktian ke aseliannya serta memaparkannya secara general serta memperjuangkan hak-hak hukum yang bersangkutanlah yang akan tercatat sebagai "penemu", kalo cuman pernah punya apa pernah lihat pernah dengar dll tapi gak ngapa-ngapaen ya namanya basi lah.
  2. Mungkin Roy memang hoby bikin press release hingga mungkin dia dah target dalam setahun harus bikin press release sekian jumlahnya dan dia hanya sekedar memenuhi terget tersebut, gak ada yang salah kan.
  3. Memang Roy gak kompak banget ama "Air Putih" karena belakangan Heru N (Dewan Pembina), merasa akan mengumumkan temuan itu bersama-sama tapi malah keduluan startnya dengan si Roy, yah mungkin mereka jarang latihan jumpa pers bareng jadi mase rada kagok dan gak kompak, ini wajar karena Mu sekalipun kemaren waktu tur ASIA mase rada kagok maennya, maklom abis pulang liburan.
Hal diatas bisa jadi wacana bagi kita, ternyata gak harus dengan hal-hal baru kita bisa berkreasi, tidak harus dengan temuan mutakhir kita bisa terkenal, atau tidak harus dengan alat2 canggih kita bisa beken, cukup dengan buka-buka YouTube, Multiply, atawa blog mungkin kita menemukan sesuatu yang unik bahkan bersejarah, dan dengan sedikit improvisasi dengan memberitahu pihak yang berkompeten dan mengumumkannya kita bisa jugak lo jadi beken karenanya, dan kayaknya dah ada yang membuktikannya.
Tidak seperti para bloger yang hanya membuat tulisan yang sekedar memojokkan satu pihak dan mencari cari kesalahan serta analisa-analisa dangkal dan berharap hit trafic blognya bisa naek drastis, seperti yang saya lakukan misalnya, tetapi inipun gak apa-apa, karena ini juga berhasil!!!

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home